Pemetaan SKKD diperlukan agar memudahkan guru untuk melakukan distribusi materi untuk diaplikasikan dalam tatap muka pembelajaran dalam satu tahun pelajaran. Ketepatan dalam pemetaan SKKD akan sangat membantu keberhasilan proses pembelajaran itu sendiri.
Contoh Pemetaan SKKD:
PEMETAAN
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
Mata
Pelajaran : Bahasa
Inggris Semester :
Ganjil
Kelas :
VII ( Tujuh
) Tahun Pelajaran : 2012/2013
No |
Standar
Kompetensi / Kompetensi Dasar
|
Alokasi waktu
|
1
|
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat | |
1.1
|
Merespon makna dalam percakapan transaksional ( to get things done ) dan interpersonal (berso-sialisasi ) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk ber-interaksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tin-dak tutur : menyapa orang yang belum/sudah dikenal, mem-perkenalkan diri sen-diri / orang lain, dan memerintah atau melarang | |
1.2
|
Merespon makna dalam percakapan transaksional ( to ge things done ) dan interpersonal (berso-sialisasi ) yang menggunakan ragam ba-hasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk beriteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : meminta dan memberi infor-masi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan meng-ungkapkan kesantunan | |
Ulangan Harian | ||
2
|
Memahami makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat | |
2.1
|
Merespon makna tindak tutur yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat | |
2.2
|
Merespon makna gagasan yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat | |
Ulangan Harian | ||
3
|
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat | |
3.1
|
Melakukan
interaksi dengan lingkungan terdekat yang melibat-kan tindak tutur
: orang menyapa yang belum dikenal, memperke-nalkan diri sendiri /
orang lain, dan meme-rintah atau melarang
|
|
3.2
|
Melakukan
interaksi dengan lingkungan terdekat yang melibat-kan tindak
tutur : meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih
meminta maaf dan mengungkapkan kesantunan
|
|
Ulangan Harian | ||
4
|
Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat | |
4.1
|
Mengungkapkan makna tindak tutur fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat | |
4.2
|
Mengungkapkan makna gagasan dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat | |
Ulangan Harian | ||
5
|
Memahami makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat | |
5.1
|
Membaca nyaring bermakna kata, frasa, dan kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat | |
5.2
|
Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat | |
Ulangan Harian |
Silahkan download contoh Pemetaan SKKD di bawah ini:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar